Membicarakan tentang tempat berlibur di Sulawesi Selatan memang tidak ada habisnya. Pasalnya, propinsi ini memang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, mulai dari yang bernuansa pegunungan, sejarah, budaya, kuliner, dan tentu saja wisata alam. Wilayahnya yang luas tak ayal membuatnya memiliki banyak  destinasi wisata alam. Salah satunya adalah Pulau Penambungan. Apa yang menarik dari pulau ini? Mentari Sulawesi akan mengajak kita mengulik eksotisnya Pulau Penambungan yang berada di Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) itu.Oleh karena itu, sebelum masuk pada pembahasan seperti apa keindahan pulau terseut, mari terlebih dahulu kita cari tahu keberadaaanya. Ya, Pulau Penambungan secara administratif berada di Desa Mattiro Sompe, Kecamatan Liukang Tupabiring, Kabupaten Pangkajene Kepulauan atau lebih sering disebut Pangkep. Pulai ini sendiri bisa ditempuh sekitar 45 menit dari Kota Makassar dengan menggunakan transportasi air berangkat dari Pelabuhan Paotere atau Pelabuhan Kayu Bangkoa Makassar perjalanan ke Pulau Panambungan lebih singkat dengan menggunakan perahu cepat atau oleh warga setempat sering disebut ‘Jolloro’.

Jembatan kayu pulau panambungan

Meski namanya tak setenar Pantai Bira di Bulukumba, tetapi Pulau Penambungan nyatanya sudah terdengar gaunnya di telinga turis asing. Wisatawan asing yang berkunjung ke pulau yang mulai dibuka sebagai destinasi wisata sejak tahun 2000 silam itu, 80 persen diantaranya berasal dari Belanda, Italia, Jerman dan Perancis. Wisatawan domestik yang berkunjung pun berasal dari berbagai daerah di Indonsia, seperti  Surabaya, Jakarta, Bandung, dan Medan. Di tingkatakan lokal, pengunjung Pulau Panambungan tidak hanya dari sekitar Pangkep dan Makassar, tetapi juga berasal dari berbagai daerah lain di Sulawesi Selatan.  Pertanyaannya, apakah yang membuat para wisatawan berduyun-duyun datang ke Pulau Penambungan? Well, Pulau Penambungan memang tak seperti pulau atau pantai lainnya di Sulawesi selatan  yang begitu riuh dan di sekelilingnya dipadati dengan bangunan tinggi menjulang juga berbagai warung makan atau resto untuk memanjakan lidah. Sebalinya, pulau ini sepi dan jauh dari hiruk pikuk yang khas di perkotaan.

Namun justru karena suasananya yang menenangkan ini yang membuat banyak pasang mata penasaran mendatanginya. Sesampainya di Pulau Penambungan kita akan dihadapkan pada pemandangan pasir putih, pepohonan pinus, juga jajaran vila yang sudah disiapkan oleh pengelola. Hamparan pasir putihnya menggoda ‘kaki’ untuk segera melangkah dan beramain-main. Air lautnya yang jernih pun membuncahkan rasa tenang di jiwa. Apalagi dipadu dengan hijau pepohonan pinus yang tumbuh di sekitar pulau ini. Panorama ini benar-benar ‘mahal’! Sekalipun kita harus merogoh kocek cukup dalam untuk bisa datang ke pulau ini—terutama bagi yang berasal dari luar Sulawesi Selatan, percayalah ‘tiket’ itu tak akan ada artinya apa-apa dibandingkan kesenangan, ketenangan dan segudang pengalaman tak terlupakan saat menyaksikan lukisan Tuhan yang satu ini.

pulau panambungan kab. Pangkep

Tak hanya indah di permukaannya, Pulau Penambungan juga memesona lewat keindahan alam bawah lautnya, bagi yang hobi olahraga air, bisa mencoba snorkeling di perairan Pulau Penambungan. Ombaknya yang tak terlalu besar memungkinkan kita lebih leluasa menjelajah bawah laut pulau ini. Begitu ke air, lihatlah bagaimana ikan dan biota laut lainnya menari-nari di habitatnya. Berbagai biota laut itu hidup dengan ‘damai’, karena pulau ini masih alami dan belum banyak campur tangan manusia. Kesenangan tak sampai di sini, yang ‘hobi makan’, dipastikan juga akan puas, hal ini menyusul banyaknya makanan laut segar yang dijajakan di pulau ini oleh pengelolah pulau ini. Sebut saja seperti cumi, lobster, juga ikan segar dari berbagai jenis, yang mengaku pecinta sea food, wajib coba ya!

Satu lagi keseruan yang bisa dilakukan di Pulau Penambungan, yaitu olahrga yang memacu adrenalin bagi yang menyukai tantangan bisa mencoba  flying fox  dari ketinggian 10 meter atau juga bermain jet-ski.

Mengingat lokasinya yang cukup jauh dari Kota Makassar, tak ada salahnya jika lebih memilih untuk berlibur ke tempat ini dengan menginap. Apalagi di sekitar tempat wisata juga telah tersedia vila. Selain alasan tersebut, ada satu alasan penting, mengapa kita sangat perlu mempertimbangkan untuk menginap saat melancong ke pulau ini. Alasannya adalah, bisa menyaksikan pemandangan sunrise dan sunset dari pulau ini. Umumnya kebanyakan tempat hanya menyodorkan ‘kemampuan’ menjadi ‘menara pandang’ untuk melihat sunrise atau sunset saja, tetapi di Pulau Penambungan keduanya bisa dilakukan. Menarik sekali bukan bisa menyaksikan dua pemandangan menarik itu di satu tempat?!

Dikarenakan pulau ini tidak dibuka untuk umum, maka jika ingin berkunjung ke pulau ini diwajibkan datang ke manajemen hotel Aryaduta sebagai pengelola pulau Panambungan untuk mendapatkan informasi mengenai transportasi atau akomodasi ke pulau panambungan. Demikian sekilas ulasan tentang eksotisnya Pulau Penambungan yang ada di Pangkep, Sulawesi Selatan. Kapan kira-kira akan berkunjung ke tempat ini? Kapan pun bias memutuskan untuk pergi, pastikan tidak ‘berulah’ di pulau ini ya. Tetap jaga kelestarian alam dan jangan buang sampah semabarangan. Finally, happy traveling!  (y-a)

Tag: Eksotisnya Pulau Penambungan di Pangkep, Sulawesi Selatan, Pulau Penambungan, Pangkajene Kepulauan, Pangkep, jet ski, flying fox, Sahabat MeLa, Mentari Sulawesi, coto, konro, Bumi Anging Mammiri,  Pantai Losari, Pantai Bira, Bulukumba

contact & follow us on social media