Bulukumba atau Pulau Selayar barangkali menjadi destinasi wisata  Sulawesi Selatan yang namanya sudah menggema di telinga wisatawan domestik maupun mancanegara. Namun, pernahkah memikirkan jika propinsi ini juga memiliki deretan tempat wisata indah lainnya?! Ya, salah satu tempat wisata indah itu bisa dijumpai di Kabupaten Bantaeng. Kali ini, Mentari Sulawesi akan mengajak mengulik serunya piknik di agrowisata Muntea di kabupaten yang pernah menyabet gelar sebagai kabupaten terbersih se-Indonesia itu.

Bantaeng memang kabupaten yang istimewa, terutama ditinjau dari segi lokasinya. Kabupaten ini wilayahnya membentang dari tepi Laut Flores hingga Pegunungan Lompobattang. Kondisi ini tak ayal membuat Bantaeng memiliki lanskap alam yang lengkap dari pesisir hingga pegunungan. Wilayah pesisirnya sendiri sangat indah.

Kawasan Agrowisata Muntea terletak di Dusun Muntea, Desa Bonto Lojong, Kecamatan Uluere, Kabupaten Bantaeng. Tempat ini bisa dijangkau dengan perjalanan selama kurang lebih 3 jam dari Kota Makassar. Etz. kita tak perlu membayangkan perjalanan jauh yang mennemukan ya. Pasalnya, meski terdengar lama, 3 jam dari Makassar-Bantaeng nyatanya sangat singkat. Hal ini lantaran sepanjang perjalanan ada banyak hal menarik yang bisa disaksikan, mulai dari kondisi alam, hingga aktivitas masyarakat. Apalagi, perjalanan itu juga melewati 3 kabupaten sekaligus, yaitu, Kabupaten  Gowa, Takalar, Janeponto sebelum akhirnya masuk ke Bantaeng.

Memasuki Kota Bantaeng, perjalanan menuju ke Agrowisata Munte harus melalui jalanan yang berkelok dan menanjak. Maklum saja, tempat wisata itu berada di ketinggian kurang lebih 1200 mdpl. Saat membawa kendaraan sendiri, pastikan sopirnya sudah handal dan mobil dalam keadaan ‘sehat’, lebih disarankan pula menggunakan mobil berkapasitas mesin besar agar kuat melalui tanjakan.

Meski perjalanan ini cukup membuat jantung dag dig dug, tetapi sesampainya di agrowisata Muntea kita dijamin bisa menghela nafas sangat lega. Selain udaranya yang memang fresh, tempat ini menyuguhkan pemandangan hijau yang menakjubkan.

Seperti namanya, sebagai kawasan agrowisata, akan dijumpai berbagai tanaman pertanian yang ada di kawasan wisata ini, mulai dari ladang kol, bawang, kentang, strawberry,  wortel, dan tomat.

Hijau pepohonan dan tanaman sayuran bukan satu-satunya pemandangan yang bisa didapat dari Agrowisata Munte Bantaeng. Di kawasan ini terdapat sebuah tebing, yaitu Tebing Muntea. Dari tebing inilah, bisa disaksikan panorama Bantaeng dan Bulukumba dari ketinggian.

Apabila pagi hari jika sudah berada di tempat ini, maka akan mendapati pemandangan matahari terbit yang begitu sendu. Kabut sesekali tampak menutupi, membuat suasana romantis! Pastikan untuk tidak lupa berselfie di Tebing Muntea ya. Meski demikian, jika phobia ketinggian lebih baik tak melakukan ini. Sekalipun tidak phobia ketinggian, kita tetap harus berhati-hati saat berswa foto. Sebaiknya tetap memperhatikan lokasi saat berselfie agar tidak terjadi hal-hal tak diinginkan, misalnya terpleset atau jatuh. Berfoto di spot yang telah disarankan akan lebih baik daripada mencari angle foto sendiri, tetapi membahayakan.

Spot menarik lainnya di kawasan tebing itu adalah Padang Rumput Muntea. Di sini terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk menyaksikan panorama atas tebing sembari duduk santai.

Nah, demikian sekilas keseruan piknik di Agrowisata Muntea Bantaeng. Kalau ke Bantaeng, pastikan menyempatkan mampir ke tempat ini ya. Udaranya yang segar dan pemandangan hijau di sekitarnya bisa menjadi ‘vitamin mata dan jiwa’ untuk sekedar melepas penat sejenak dari rutinitas pekerjaan maupun dari keruwetan kota.  (y-a)

Tag: Serunya Piknik di Agrowisata Muntea, Bantaeng, Agrowisata Muntea, Sahabat MeLa, Mentari Sulawesi, Makassar, Pantai Tanjung Bira, Bulukumba,  Pulau Selayar

contact & follow us on social media